Mengapa Waktu Check In Hotel Pada Umumnya Pukul 14.00?

Memiliki pengalaman menginap di hotel adalah sesuatu yang sudah biasa dilakukan oleh wisatawan ke wilayah pariwisata maupun pebisnis yang akan bertemu kliennya di luar kota atau datang dari luar kota. Ketika ingin bermalam di hotel , ada sebuah hal yang sebaiknya dicari informasinya oleh para tamu, dimulai dari aturan check in hingga check out karena bisa mempengaruhi budget yang harus dikeluarkan oleh tamu dalam sekali menginap.

Aturan dalam perhotelan seluruh dunia mengatur jam check in dan check outnya sendiri, namun waktu yang paling banyak digunakan adalah pukul 14.00 dan check out pada pukul 12.00. walaupun Anda menggunakan jasa hotel mewah maupun hotel yang relatif murah maka batas waktu yang diberikan oleh pihak hotel pada umumnya akan sama, supaya peraturan ini mengacu untuk memberi pelayanan kepada tamu sehingga tidak merusak rencana dan suasana hati tamu selama menginap atau setelah melakukan perjalanan.

Secara harfiah hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemilik dan manajemen untuk menyediakan berbagai pelayanan seperti makanan, minuman, tempat tinggal sementara dan fasilitas pendukung lainnya yang memang yang dibutuhkan oleh tamu hotel sesuai dengan permintaan ketika pertama kali tamu datang.

Meskipun sekarang ini banyak sekali tempat penginapan selain hotel seperti resort, villa, homestay, namu hotel masih menjadi primadona untuk para wisatawan yang bepergian keluar kota atau keluar negeri, ini karena jumlah hotel yang masih banyak dan juga mudah ditemukan di berbagai daerah wisata, disisi lain banyak wisatawan yang sudah terbiasa dengan pelayanan perhotelan yang dinilai cukup memuaskan daripada penginapan lainnya dan juga dapat menyesuaikan budget tamu untuk memilih hotel yang sesuai.

Prosedur Check In dan Check Out

Bagi wisatawan maupun pebisnis yang datang ke suatu daerah untuk mencari penginapan di hotel, maka akan ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum dapat menikmati semua fasilitas yang ditawarkan oleh hotel, prosedur yang umum pastinya memesan kamar atau biasa disebut reservasi kamar, dengan berkembangnya teknologi internet yang semakin maju, sekarang ini reservasi kamar hotel bisa menggunakan platform aplikasi travel agent yang mempermudah tamu untuk booking kamar hotel, seperti OYO, Traveloka, Airy room dan website travel agent lainnya. dibawah ini akan dijelaskan prosedur- prosedur yang ditujukan untuk tamu sebelum dan sesudah menginap di hotel

  1. Prosedur Tamu Check in
    ketika calon tamu sudah melakukan reservasi tidak bisa langsung masuk ke dalam kamar yang dipesan, masih ada proses yang disebut Check in. hal ini merupakan proses dimana tamu datang secara resmi di hotel serta membawa barang-barang mereka ke dalam kamar yang dipesan, untuk proses ini, tamu bisa menyebutkan identitas kepada resepsionis yang berada di lobby hotel, namun untuk reservasi melalui platform digital atau aplikasi travel agent maka tamu harus menunjukan invoice booking online yang biasanya dikirimkan lewat email atau whatsapp tamu tersebut. Mayoritas hotel yang ada di Indonesia pasti akan meminta tamu untuk menunjukan identitas diri bisa berupa KTP untuk wisatawan lokal dan untuk wisatawan asing bisa menunjukan paspor. selain itu untuk kebijakan hotel beberapa hotel bintang 5 menerapkan adanya kebijakan deposit saat check in, deposit ini bertujuan untuk tamu yang ingin pelayanan tambahan seperti laundry, tambahan makanan dan minuman yang berada di dalam kamar dan juga jika tamu merusak atau menghilangkan barang fasilitas didalam kamar akan diberikan denda dan denda tersebut akan dipotong dari nilai deposit. jika tidak ada masalah ketika menginap deposit tersebut akan dikembalikan ketika tamu check out hotel.
  1. Prosedur Tamu Check out
    Ketika tamu sudah selesai waktu untuk menginap atau bisa dikatakan tamu akan check out maka tidak bisa langsung keluar dari hotel begitu saja, tamu harus membuat laporan dengan mengunjungi resepsionis kurang lebih 1 jam sebelum pukul 12.00 atau paling lambat pukul 13.00 untuk mengkonfirmasi bahwa ingin melakukan check out. dalam proses ini tamu bisa digunakan untuk membereskan barang-barang yang dibawa dan juga petugas ruangan atau housekeeping akan membantu membersihkannya sambil pengecekan kembali ruangan yang disewa. sambil menunggu tamu biasanya akan mengambil identitas diri dan jika ada deposit akan memintanya juga kepada resepsionis di lobby hotel.

Mengapa Waktu Check In Hotel Pukul 14.00?

Melakukan check out pada pukul 14.00 bukan merupakan hal sepele bagi suatu hotel, dengan check out pada jam sudah ditentukan oleh hotel tersebut bertujuan untuk kenyamanan tamu hotel yaitu karena pada jam ini housekeeping akan membersihkan kamar sebelum tamu baru akan datang menempatinya, mereka akan membutuhkan waktu sebelum siap digunakan calon tamu dengan waktu sekitar 20 sampai 30 menit yang digunakan untuk merapikan dan mengatur kamar calon tamu.

Published
Categorized as Travel

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *