Perbedaan Antara Hotel, Villa dan Resort yang Wajib Diketahui

Hotel memiliki artian luas yang dapat dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan dengan harga, fasilitas, lokasi dan jumlah kamar. Anda pastinya pernah mendengar istilah Hotel, Resort dan Villa bukan? 

Pada dasarnya semua itu merupakan akomodasi yang digunakan untuk menginap ketika sedang liburan. Namun, setiap jenis penginapan tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaaan Hotel, Resort dan Villa yang biasanya Anda jumpai di sekitar lokasi pariwisata.

Villa

Villa dapat dikategorikan sebagai penginapan berbentuk rumah serta memiliki lokasi yang jauh dari keramaian dan tentunya sangat nyaman untuk ditempati oleh tamu saat ingin merasakan kehidupan yang tenang.

Villa juga biasanya dibangun pada lokasi yang masih sangat alami supaya menambah keindahan serta keasrian hunian tersebut. Harga untuk menyewa villa terbilang cukup mahal dan akan disesuaikan dengan jumlah kamar, lokasi dan fasilitas yang ada di dalam villa.

Jenis-jenis villa 

  1. Beachfront villa merupakan penginapan yang sengaja dibangun menghadap ke pantai.
  2. Honeymoon villa merupakan penginapan yang dilengkapi dengan fasilitas serta kriteria yang memang dikhususkan untuk pasangan yang akan berbulan madu.
  3. Wedding villa merupakan penginapan yang memiliki fasilitas serta kriteria yang memang dikhususkan untuk venue pernikahan.
  4. Luxury villa merupakan penginapan dengan fasilitas dan kriteria yang mewah serta mahal.

Villa merupakan penginapan yang paling disukai oleh banyak orang, bukan karena bangunannya. Namun, lebih kepada privasi yang bisa didapatkan oleh penyewanya.

Resort

Resort memiliki ciri khas utama, yaitu lokasi yang pasti dekat dengan pantai atau berdekatan dengan pegunungan. Karena memang yang dijual tidak hanya fasilitas dan layanannya, tetapi juga pemandangan yang ada disekitar. Untuk harga sewanya sendiri, tergantung dengan kelengkapan fasilitas yang disediakan.

Jenis-jenis Resort

Untuk jenis dari resort sendiri, tentunya tergantung lokasi pembangunannya. Berikut adalah jenis-jenis resort yang ada di dunia :

  1. Beach Resort, berlokasi di area pantai dan biasanya akan menjadikan alam serta laut yang ada disekitarnya untuk menarik minat wisatawan agar menginap disana.
  2. Marina Resort, berlokasi di sekitaran pelabuhan laut (marina). Potensi utama sekaligus daya tarik yang dimiliki oleh resort ini adalah keindahan lepas pantai, laut serta toko-toko cinderamata yang berada disekitarnya.
  3. Mountain Resort, seperti namanya penginapan ini memang dibangun di kawasan pegunungan dengan menjadikan keindahan area sekitarnya sebagai daya tarik tersendiri. 
  4. Health Resort and Spa, biasanya dibangun pada kawasan dengan keadaan alam yang bisa dimanfaatkan untuk sarana kesehatan.

Hotel

Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang paling umum dan telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Hotel memiliki fasilitas pendukung yang dikhususkan untuk aktivitas para tamu saat sedang menginap dan berlibur di kawasan hotel. 

Bangunan hotel pada umumnya adalah dibangun bertingkat serta memiliki jumlah kamar disesuaikan dengan jenis hotel itu sendiri. Fasilitas pendukung yang disediakan bertujuan untuk memanjakan para tamu seperti contohnya restoran, kolam renang, bar, tempat gym, ruang meeting, salon serta spa dengan jumlah staf yang banyak guna melayani kebutuhan para tamu. 

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lokasi

  1. City Hotel

City Hotel adalah jenis hotel yang biasanya berada di kawasan perkotaan, baik di pusat kota maupun kota-kota kecil yang ada disekitarnya. Untuk ukurannya sendiri bisa dikatakan besar serta bertingkat dan memiliki fasilitas-fasilitas bisnis, karena kebanyakan tamu yang akan menginap di hotel jenis ini merupakan business traveler. 

  1. Motel (Motor Hotel)

Motel adalah kependekan dari kata motor hotel. Sesuai dengan namanya jenis penginapan yang satu ini memang diperuntukkan untuk persinggahan sementara bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh. Biasanya berada di area antar kota atau daerah.

  1. Resort Hotel

Selanjutnya adalah Resort Hotel, jenis hotel yang satu ini biasanya terletak sangat jauh dari pusat perkotaan, keberadaan dapat Anda temukan di kawasan-kawasan wisata serta rekreasi seperti di pegunungan, pantai, tepi danau atau pegunungan dan sejenisnya.

  1. Residential Hotel

Sesuai dengan namanya, hotel yang satu ini berlokasi di area residential atau perumahan dan biasanya akan jauh dari keramaian. Residential Hotel akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi tamu-tamu yang memiliki rencana untuk tinggal pada satu kota atau daerah dalam waktu yang lama.

Walaupun jauh dari keramaian, namun segala kebutuhan masih mudah ditemukan, misal seperti restoran, minimarket, pusat kebugaran dan lain sebagainya. Karena dengan menyewa di Resident Hotel akan lebih murah jika dibandingkan harus di hotel.

  1. Downtown Hotel

Downtown Hotel adalah jenis hotel yang berlokasi di pusat keramaian, yaitu kawasan perbelanjaan dan perdagangan. Jenis yang hotel satu ini biasanya ditujukan bagi business traveler yang memiliki tujuan untuk melakukan perjalanan bisnis dan bersangkutan dengan perdagangan serta jual-beli.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan Hotel, Resort dan Villa yang harus Anda ketahui beserta dengan jenis-jenisnya. Sebenarnya masih banyak lagi jenis penginapan selain 3 kategori yang telah disebutkan di atas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *