Yuk, Ketahui Lebih Jauh Pengertian Hotel Butik dan Ciri-Cirinya

Yuk, Ketahui Lebih Jauh Pengertian Hotel Butik dan Ciri-Ciriny

Tentunya Anda pernah mendengar istilah butik hotel atau boutique hotel, bukan? Hotel ini bukanlah hotel yang terdapat butik di dalamnya dan tidak juga sebuah butik yang terdapat fasilitas penginapan. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan butik hotel? Dan apa saja ciri-ciri serta contohnya? Supaya Anda tidak kebingungan lagi, langsung saja simak ulasan berikut ini. 

Apa itu butik hotel? 

Butik hotel merupakan sebuah jenis hotel dengan ukuran kecil tetapi memiliki gaya yang mewah dan unik. Oleh sebab itu, butik hotel biasanya sering digunakan oleh orang-orang yang ingin menikmati privasi namun tetap ingin mendapatkan keutamaan. Selain itu, butik hotel juga biasanya banyak diminati oleh masyarakat kelas atas. 

Yang perlu Anda ketahui yaitu sejarah dari butik hotel ini. Ya, butik hotel tengah populer pada tahun 80-an, dengan hotel yang memiliki konsep butik. Butik hotel awalnya tersebar hanya di kota-kota besar yang ada di benua Eropa dan Amerika saja. 

Butik hotel pertama di dunia yakni hotel Morgans dan pendirinya adalah Steve Rubell dan Ian Schrager. Pada waktu itu hotel Morgans memiliki konsep yang begitu jauh berbeda seperti hotel pada umumnya. Selain ruangannya yang berbeda, perabotan yang ada di hotel ini juga berbeda dengan hotel biasanya karena memiliki ciri khas tersendiri. 

Dari situlah, akhirnya masyarakat melabeli “boutique” menjadi julukan untuk hotel yang mengusung konsep unik layaknya hotel Morgans. Lalu, apa saja ciri-ciri dari hotel butik? Mari simak pada ulasan di bawah ini. 

Ciri-Ciri Butik Hotel 

Dilihat dari pengertian dari butik hotel, dapat Anda ketahui ciri-ciri yang paling utama dan bisa membedakan hotel tersebut dengan hotel lainnya, seperti: 

  1. Hotel berukuran kecil 

Ciri-ciri pertama yang dimiliki butik hotel yaitu bangunannya yang tidak sebesar hotel pada umumnya. Kamar yang terdapat di boutique hotel ini umumnya hanya 100 sampai 150 kamar saja. Oleh sebab itu, bangunannya hanya memiliki jumlah lantai yang sedikit. 

  1. Stylish 

Meskipun ukuran hotelnya yang kecil, namun butik hotel ini tetap bergaya atau stylish. Butik hotel hadir dengan gayanya yang unik dan khas, sehingga berbeda dengan jenis hotel pada umumnya. 

Contohnya butik hotel yang ada di Yogyakarta yaitu Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman, yang terletak di Jl. Prawirotaman, Yogyakarta. Walaupun tidak begitu besar, namun tetap mengusung gaya ramah lingkungan menjadi ciri khasnya sebab terdapat tanaman hidroponik di rooftopnya. 

Yuk, Ketahui Lebih Jauh Pengertian Hotel Butik dan Ciri-Cirinya
  1. Fashionable hotel (Modis) 

Ciri dari butik hotel berikutnya yaitu modis dan fashionable. Sehingga, bukan hanya gayanya saja yang unik, namun hotel ini juga tampil fashionable. Oleh sebab itu, butik hotel umumnya sangat instagramable. Bila Anda foto-foto disana, tentu saja akan mendapatkan foto yang bagus. 

Seperti di Boutique Hotel Summerhome Umasari yang ada di Bali yang bisa memanjakan Anda bila berfoto-foto disana, bahkan background dindingnya saja sangat cantik. Dekorasi dan desain interiornya mengusung warna biru dan putih dengan tema laut. 

  1. Tidak menjadi bagian dari hotel besar 

Biasanya hotel-hotel masuk pada sebuah jaringan yang besar. Seperti jaringan Accor Hotel yang didalamnya terdapat Mercure, Sofitel, Novotel hingga Ibis. Tidak sama dengan hotel pada umumnya, butik hotel justru bukan merupakan bagian dari hotel besar. 

Butik hotel berdiri sendiri sehingga tidak terdapat dalam jaringan apapun. Sehingga, Anda dapat membedakannya secara langsung. Apabila terdapat sebuah hotel dengan desain dan gayanya yang unik serta fashionable, namun masih masuk dalam jaringan hotel, tentu saja hotel tersebut bukanlah boutique hotel. 

Contohnya yaitu Mercure Serpong Alam Sutera yang memiliki desain interior khas, unik dan fashionable di sejumlah area. Tetapi, Mercure merupakan bagian dari Accor Hotel, maka tidak dapat dikatakan menjadi butik hotel. 

Contoh Butik Hotel di Indonesia 

Seperti yang telah dibahas jika butik hotel mempunyai ciri khas dan keunikannya tersendiri. Sebagai negara yang mempunyai banyak budaya dan seni, konsep butik hotel yang ada di Indonesia ini biasanya mengusung tema tradisional. Anda dapat melihat bagaimana butik hotel menggunakan dekorasi sempai perabotan memanfaatkan bahan-bahan buatan lokal, seperti rotan dan bambu. 

Butik hotel banyak tersebar di seluruh Indonesia yang juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan, seperti Bali, Malang, Yogyakarta, Semarang hingga Surabaya. Nah, beberapa daftar butik hotel yang ada di Indonesia yaitu: 

  1. Yats Colony Yogyakarta. 
  2. IZE Seminyak Bali. 
  3. Millinov Boutique Hotel di Gorontalo. 
  4. K2 Eco Boutique Hotel di NTB. 
  5. The Shalimar Boutique Hotel di Malang. 

Nah, itu tadi pembahasan tentang pengertian butik hotel dan sejarah hingga ciri-cirinya. Seperti yang Anda ketahui jika kebutuhan akomodasi khususnya tempat penginapan ini sangat menjamur. Semoga ulasan di atas bisa menjadi ilmu dan menambah wawasan Anda. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *