October 17, 2017

Bagaimana perjalanan solo mengubah saya dan membuat saya menjadi orang yang lebih baik

Membuat keputusan untuk melakukan perjalanan solo pertama ke Seoul bagi saya adalah mengubah hidup. Kedengarannya sangat murahan, tetapi ketika saya menulis artikel tentang perjalanan solo untuk Travel Made Different ini, saya menyadari bahwa dampak perjalanan solo bagi saya jauh melampaui cara saya bepergian; cara saya berpikir dan melakukan sesuatu, cara saya mendefinisikan diri saya sendiri, cara saya memandang hidup – perjalanan dan khususnya perjalanan solo telah mengubah saya dan telah membuat dampak yang signifikan pada identitas saya dan membentuk saya sebagai pribadi hari ini.

Jadi saya harap Anda menikmati karya kontemplatif ini, dan apakah menurut Anda perjalanan solo cocok untuk Anda atau tidak, saya harap Anda akan mencoba perjalanan solo jika Anda belum melakukannya. Bagian dari NatGeo ini juga merupakan bacaan yang bagus tentang pelajaran yang dapat Anda pelajari dari perjalanan solo.


Postingan ini pertama kali terbit di Travel Made Different by Income, sumber info wisata yang bikin kamu ketagihan jalan-jalan. Diterbitkan ulang di sini dengan izin.

Bolivia Uyuni Salt Flats Kembali Poncho
Salah satu tempat paling indah dan menarik yang pernah saya lihat – dataran garam Uyuni di Bolivia

Tahun lalu saya memulai perjalanan solo epik selama 15 bulan ke tempat-tempat sejauh San Francisco, Bolivia, dan Estonia sebelum akhirnya kembali ke rumah. Sebelum 2011, saya tidak pernah bepergian sendiri, khawatir tentang keselamatan pribadi saya dan takut akan hal yang tidak diketahui. Saya tidak akan pernah menyesali hari saya memutuskan untuk mengambil langkah pertama keluar dari negara saya sendiri, karena pengalaman perjalanan solo ini telah membantu membentuk saya menjadi versi diri saya yang lebih baik hari ini.

Perjalanan solo membuat saya lebih sadar

Patung New Taipei Jinshan Juming Museum Me
Lakukan seperti yang dilakukan penduduk setempat, meskipun terbuat dari batu – ini ada di Museum Juming di Jinshan, New Taipei

Bepergian ke berbagai negara telah memaparkan saya pada begitu banyak jenis budaya dan cara hidup yang berbeda tidak seperti apa pun yang kita ketahui di rumah. Merasakan dinginnya udara musim dingin atau mengobrol dengan sopir bus dalam bahasa Spanyol yang sangat kacau adalah pengalaman yang tidak dapat direplikasi tidak peduli berapa banyak buku atau dokumenter yang kita konsumsi. Bepergian sendirian berarti dapat mengambil semua jalan memutar yang tak terduga yang saya inginkan dengan iseng dan Anda tidak pernah tahu petualangan seperti apa yang menunggu.

Ketika mendapatkan teman baru di jalan, saya sering dipanggil untuk berbicara tentang Singapura oleh orang lain yang penasaran dengan negara pulau kecil yang entah bagaimana mengemas 5 juta orang di perbatasannya yang kecil ini. Semakin saya berbicara tentang Singapura, semakin saya menyadari bahwa beberapa hal yang kita anggap sebagai kehidupan sehari-hari di Singapura, seperti hukum atau situasi politik kita misalnya, bukanlah norma di seluruh dunia.

Itu membuat saya menghargai keunikan Singapura, dan membuat saya semakin penasaran dan bertanya-tanya tentang kehidupan sehari-hari di tanah air – saya ingin menjadi perwakilan Singapura yang baik ketika saya di luar negeri.

Solo traveling membuatku lebih terbuka

Amphawa Samut Songkhram Life Hat Wanita Tenun
Wanita tua kecil ini adalah penenun terakhir dari jenis topi khusus ini, sibuk di Samut Songkhram Amphawa – dia sangat ramah dan ceria meskipun kami tidak berbicara bahasa satu sama lain sama sekali

Beberapa orang melihat bepergian sendirian sebagai hal yang rentan di negeri asing tanpa teman di sekitar Anda – saya telah belajar untuk melihatnya lebih sebagai kesempatan untuk menemukan hal-hal baru dengan kecepatan saya sendiri. Saya cenderung tetap berpegang pada teman-teman saya sendiri ketika saya bepergian dengan mereka, tetapi sebagai seorang pelancong, saya didorong untuk mencari teman baru dan berbicara dengan orang-orang di luar lingkaran saya untuk mencegah kesepian, dan itu dibuat untuk beberapa pengalaman tak terlupakan yang akan saya lakukan. tidak memiliki jika saya memiliki teman-teman saya dari rumah di sekitar saya.

Saya menjadi kurang pendiam, lebih bersedia untuk membuat langkah pertama dalam memulai percakapan dengan orang asing ketika saya akan menahan lidah saya sebelumnya, pemalu dan tidak pasti. Saya telah menemukan bahwa orang lebih menerima dan terbuka untuk percakapan ketika mereka melihat bahwa saya sendirian.

Solo traveling membuatku lebih mandiri

Peru Huacachina Dunes Matter Me
Sendirian di gurun Huacachina, Peru… atau setidaknya terlihat seperti itu! Saya sedang dalam tur bukit pasir: P

Ada kegiatan yang akan saya lewatkan di masa lalu tidak peduli betapa menariknya itu, semua karena saya merasa malu untuk muncul sendirian. Itu bukan masalah hari ini setelah menghabiskan begitu banyak hari sendirian di jalan dan belajar menghargai perusahaan saya sendiri.

Apakah itu melibatkan makan di restoran, menonton film atau menghadiri acara jejaring sosial, saya senang pergi sendiri jika saya tidak dapat menemukan teman yang berpikiran sama, menikmati perusahaan saya sendiri dan mungkin membuat beberapa koneksi baru. Saya lebih tegas tentang kesukaan saya karena saya merasa kurang berkewajiban untuk melakukan sesuatu yang saya benci hanya untuk perusahaan atau saling mendukung, dan itu berarti persahabatan yang akhirnya saya buat jauh lebih kuat karenanya.

Kiat perjalanan solo untuk pengatur waktu pertama

Bandara Flores Labuan Bajo Komodo Me
Cara ini untuk tips perjalanan solo

Perjalanan solo adalah langkah besar yang harus diambil bagi banyak orang yang belum pernah melakukannya, tetapi saya mendorong Anda untuk mencobanya jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Cobalah untuk melihat seberapa besar Anda menyukainya – tidak apa-apa jika Anda tidak menyukainya karena ini bukan untuk semua orang – tetapi berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda memulai:

Mulai dari yang kecil

Tidak perlu mulai merencanakan perjalanan solo selama setahun jika Anda tidak ingin melakukannya. Mulailah dengan memperpanjang perjalanan satu atau dua hari untuk waktu sendiri, atau melakukan perjalanan akhir pekan ke kota terdekat sendiri. Saya melakukan perjalanan solo pertama saya ke Seoul karena kota ini modern dan saya tahu saya dapat menavigasi kota dengan mudah meskipun saya tidak berbicara bahasa tersebut.

Tetap terhubung

Anda hanya sendirian seperti yang Anda inginkan saat melakukan perjalanan solo. Tempatkan diri Anda dalam situasi seperti tur kelompok kecil atau pertemuan terencana jika Anda ingin mendapatkan teman baru, atau manfaatkan teknologi untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga di rumah. Saya biasanya mengirimkan beberapa foto ke grup obrolan whatsapp saya, atau memposting di media sosial sehingga lingkaran saya tahu apa yang saya lakukan.

Dipersiapkan

Ada kebebasan dalam mengikuti arus, tetapi juga ketenangan pikiran dalam merencanakan hal-hal yang tidak terduga. Untuk beberapa perjalanan pertama saya, semua akomodasi dan transportasi saya sudah dipesan sebelumnya sehingga saya tidak perlu khawatir tentang hal itu saat bepergian. Juga, saya selalu mendapatkan asuransi perjalanan sehingga saya dapat fokus pada perjalanan saya dan tahu bahwa saya akan memiliki perlindungan moneter jika terjadi keadaan darurat yang tidak terduga, terutama karena tidak ada orang lain yang dapat diandalkan saat Anda bepergian sendirian. Asuransi perjalanan juga berguna ketika barang-barang Anda dicuri di luar negeri atau penerbangan dan bagasi Anda tertunda atau hilang, yang dapat terjadi bahkan pada perencana terbaik sekalipun.

Beri tahu saya jika perjalanan solo telah mengubah Anda dengan cara apa pun – apakah Anda adalah pelancong yang sama sebelum Anda melakukan perjalanan solo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *